Paket Tour Bromo yang Hemat & Family Friendly

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang patut untuk dikunjungi oleh wisatawan. Gunung ini berlokasi di daerah Pasuruan, Jawa Timur, dan mempunyai ketinggian sekitar 2,3 kilometer dari atas permukaaan laut.

Selain itu, gunung aktif ini juga termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berisi beberapa objek wisata di dalamnya.

Jika wisatawan hendak berkunjung ke gunung ini, wisatawan bisa mengambil paket tour wisata Bromo. Selain harganya yang lebih murah, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang ada di sekitar Bromo.

Adapun tempat-tempat tersebut antara lain Penanjakan 1, Penanjakan 2, Kawah Gunung Bromo, Padang Savana, Bukit Teletubbis, dan Pasir Berbisik.

Penanjakan 1 merupakan kawasan yang mempunyai ketinggian yang paling tinggi di Kawasan Wisata Gunung Bromo. Tempat ini dijuluki sebagai sunrise view karena tempat ini merupakan tempat yang sangat cucuk untuk melihat keindahan matahari saat terbit.

bromo midnight

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan mesi menyewa kendaraan khusus seperti hartoop ataupun jeep. Hal itu dikarenakan banyaknya tikungan tajam dan curam yang ada di kawasan Penanjakan 1. Selain itu, wisatawan juga dianjukan untuk berangkat dari pukul 3 pagi agar tidak terlambat untuk menikmati pemandangan matahari saat terbit.

Selain Penanjakan 1, Penanjakan 2 merupakan tempat lain yang dapat dikunjungi sekaligus menjadi tempat untuk melihat indahnya sunrise. Akses menuju tempat ini terbilang mudah karena tidak mempunyai tikungan yang tajam dan curam.

Oleh karenanya, wisatawan bisa ke tempat ini dengan menggunakan motor ataupun mobil. Meski tidak setinggi Penanjakan 1, namun keindahan sunrise yang terlihat di Penanjakan 2 juga tidak kalah indah dari Penanjakan 1. Meski demikian biasanya Paket Wisata Bromo lebih sering memasukkan hanya Pananjakan 1 saja, karena keterbatasan waktu untuk berpindah-pindah sambil menanti sunrise.

Kawah Gunung Bromo merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Tengger yang merupakan gunung tertinggi dan terbesar saat itu. Gunung Tengger yang meletus itu kemudian membentuk gunung-gunung yang dimana salah satunya adalah Gunsung Bromo.

Selain itu, letusan gunung Tengger juga menjadi muasal terbentuknya Kawah Gunung Bromo. Kawah ini sendiri mempunyai lebar garis tengah sebesar kurang lebuh 800 meter dari arah utara ke arah selatan, serta kurang lebih 600 meter dari timur ke barat.

Kawah ini juga mempunyai lingkarang yang mempunyai ukuran jari-jari sebesar 4 km dari pusat bawah kawah. Lingkaran tersebut merupakan zona bahaya dari Kawah Gunung Bromo.

Meski mempunyai zona bahaya di dalamnya, namun kawah ini masih bisa dikunjungi wisatawa, terutama di bagian puncaknya. Untuk mencapai puncak kawah Gunung Bromo tersebut, wisatawan bisa berjalan kaki atau menyewa kuda, lalu setelah sampai di kawasan kawah wisatawan langsung menaiki anak tangga kawah yang jumlahnya mencapai 250 buah.

Dari puncak Kawah Gunung Bromo, wisatawan bisa melihat keindahan Kawah Gunung Bromo, serta panorama pegunungan Batok dan pegunungan Tengger.

Tempat lain yang akan dikunjungi wisatawan di kawasan Bromo adalah Padang Rumput Savana. Tempat ini terletak di tenggara Gunung Bromo. Untuk mencapai tempat tersebut, wisatawan mesti melewati lautan pasir yang cukup gersang.

Setelah melewati lautan pasir tersebut, wisatawan kemudian akan merasakan kesejukan padang savana dan keindahan rumput-rumput yang menghijau di sana. Tak hanya itu, pemandangan bukit-bukit indah pun bisa disimak di padang rumput ini.

savanna-valley-mount-bromo

Di dekat Padang Rumput Savana, ada satu tempat wisata lain yang akan dikunjungi wisatawan. Tempat tersebut adalah Bukit Teletubies. Dinamai demikian karena bentuk bukit tersebut sangat mirip dengan bukit-bukit yang terdapat di dalam serial Teletubbies yang sempat ditayangkan di salah satu televisi swasta beberapa tahun yang lalu.

Bukit ini berbentuk seperti gundukan kecil yang di tiap sudutnya ditumbuhi rerumputan bukit yang khas dan membuat bukit-bukit tersebut menjadi indah saat dipandang. Dengan demikian, selain enak dilihat, Bukit Teletubbies juga bisa dinaiki oleh wisatawan.

Tempat wisata terakhir yang bisa dikunjungi wisatawan saat mengambil paket tour Bromo adalah Pasir Berbisik. Tempat wisata ini letaknya berdekatan dengan Padang rumput Savana dan berisi hamparan padang pasir yang begitu luas.

Lautan pasir tersebut membuat Gunung Bromo menjadi satu-satunya gunung yang mempunyai padang pasir atau lautan pasir di dalamnya. Banyak yang mengatakan bahwa jika wisatawan menempelkan telinganya ke atas permukaan pasir, maka wisatawan akan mendengar suara-suara yang mirip dengan sebuah bisikan manusia.

Suara-suara tersebut menjadi latar belakang dibalik penamaan Pasir Berbisik. Selain melihat hamparan pasir dan suara bisikan pasir, wisatawan juga bisa melihat pemandangan dari lereng-lereng kalendra yang merupakan pembatas antara Pasir Berbisik dengan juga Gunung Bromo.

Untuk bisa sampai ke Gunung Bromo dan tempat wisata lain di sekitarnya, wisatawan mesti melewati rute-rute tertentu. Secara umum, ada 4 rute yang bisa wisatawan ambil salah satunya. Adapun rute-rute tersebut diantaranya rute Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Jika wisatawan mengambil rute Lumajang, maka wisatawan mesti berangkat dari kota Lumajang, lalu kemudian menuju arah Kecamatan Senduro. Sehabis dari kecamatan tersebut, perjalanan kemudian dilanjut ke Desa Ranu Pane dan ke kawasan Jemplang.

Selama melintasi kawasan Jemplang yang penuh dengan pemandangan perbukitan yang indah. Jika wisatwan telah sampai ke kawasan Jemplang, maka wisatawan dipastikan akan sampai ke kawasan Gunung Bromo.

tangga di bromo

Rute lain yang dapat ditempuh selanjutnya adalah Rute dari Kota Malang. Setelah sampai di kota tersebut. Wisatawan lalu akan menuju ke Kecamatan Tumpang dan kemudian dilanjut ke Desa Bulak Klakah. Setelah sampai di desa tersebut, perjalanan lalu dilanjut ke kawasan Jemplang dan setelahnya perjalanan bisa langsung dilanjut ke Padang rumput Savana ataupun ke Gunung Bromo.

Rute Pasuruan adalah rute selanjutnya yang bisa dipakai oleh wisatawan. Rute ini dimuali dari Kota Pasuruan, lalu kemudian berlanjut ke Kecamatan Wonorejo, dan ke Kecamatan Tosari. Setelah sampai di Tosari, perjalanan pun dilanjutkan ke Desa Wonokitri dan berakhir di Penanjakan Gunung Bromo.

Rute Terakhir yang bisa dilalui wisatawan adalah rute Probolinggo. Rute ini dimulai dari Kota Surabaya, lalu kemudian dilanjut ke Kabuparen Pasuruan. Setelah sampai di Pasuruan, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Probolinggo.

Setelah di Probolinggo, wisatawan akan melewati sejumlah kecamatan dan sebuah desa, dimana kecamatan-kecamatan dan desa tersebut antara lain Kecamatan Tongas, Kecamatan Lumbang, Kecamatan Sukapura, dan Desa Cemoro. Setelah di Desa Cemoro, wisatawan akan langsung diarahkan ke pintu masuk utama menuju tempat wisataa Gunung Bromo.

Diantara semua rute tersebut, rute terakhir atau rute Probolinggo merupakan rute yang paling difavoritkan wisatawan pada umumnya. Selain karena rute ini mengarah langsung ke pintu masuk utama, rute ini juga menyajikan beragam pemandangan alam yang indah dan dapat ditemui selama wisatawan menempuh rute ini.

Selama diperjalanan dan berwisata, wisatawan mesti menyediakan sejumlah uang dan perlengkapan pribadi lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk tetap menjaga kesehatan diri dan juga menjaga kebersihan di tempat-tempat wisata yang dikunjungi.

Jika sudah sampai di tempat wisata Gunung Bromo, pastikan juga untuk memilih penginapan hotel di Bromo yang terjangkau harganya, serta dekat dengan kawasan wisata yang hendak dikunjungi. Selain menghemat pengeluaran, menyewa hotel yang dekat juga akan membuat akses menuju tempat wisata juga menjadi lebih mudah.

Referensi

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bromo#Wisata_Bromo
  • https://www.1001malam.com/tour/bromo-109
  • https://www.hipwee.com/list/9-tempat-wisata-di-gunung-bromo-dan-sekitarnya-yang-wajib-di-singgahi/
  • Informasi Tour Bromo Murah

 

Posted in Info, Wisata Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*