Sidoarjo Exotic Carnival

Sidoarjo Exotic CarnivalSidoarjo Exotic Carnival merupakan karnaval budaya pertama yang digelar di kota Sidoarjo pada tanggal 1 Maret 2015 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sidoarjo yang ke 156. Meskipun sedikit mirip dengan Jember Carnival, pawai Sidoarjo ini memiliki tema yang lebih variatif dan beraneka ragam. Kali ini, pawai dimulai dari jalan Ahmad Yani (bagian Timur dari alun-alun kota Sidoarjo) pada pukul 07:00. Pawai kemudian melewati Jalan Thamrin – Jalan Pahlawan, dan berakhir di parkir Timur GOR Sidoarjo. Setiba di destinasi terakhir, panitia pawai menyajikan hidangan 4500 porsi untuk seluruh peserta pawai. Memang ini acara pawai pertama dan terbesar dalam sejarah Sidoarjo.Sidoarjo Carnival 2015Dibandingkan dengan pawai-pawai lain di Sidoarjo pada tahun-tahun sebelumnya, Sidoarjo Exotic Carnival kali ini sangat berbeda. Pawai budaya yang satu ini menghadirkan berbagai kreatifitas yang tidak biasa. Sebagian peserta menghadirkan karya desain pakaian modern dengan berbagai aksesoris nya yang cukup “ngejreng”. Meskipun beberapa kostum memiliki sentuhan design yang mirip dengan Jember Karnival, banyak karya yang masih memadukan dengan budaya tradisional, sehingga penonton dapat menikmati berbagai variasi gaya yang berbeda. Selama pawai, penonton juga seringkali banyak yang lansung berikut serta untuk foto bareng maupun mengambil foto peserta lansung, sehingga jarak dan runutan peserta pawai seringkali tidak berjalan secara konsisten, tapi lebih seturut dengan sambutan penonton.

 

Pawai Exotic Carnival ini diikuti oleh 46 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Sidoarjo dan 2 peserta dari Kabupatan Mojokerto dan Kabupaten Gresik. Termasuk diantaranya adalah nyanyian tembang Campursari sebagai pembuka dari acara ini. Beberapa tarian tradisional juga ikut meramaikan acara ini, antara lain tarian Bandeng Nenger dan tarian Banjar Kemuning. Selain design fashion yang ikut pawai, ada juga fashion show anak-anak dimana berbagai kreasi batik khas Sidoarjo dapat disaksikan. Yang membuat pawai ini lebih seru adalah keikutsertaan para siswa dari Akademi Angkatan Laut dalam atraksi Drum Band “Gita Jala Taruna AAL Surabaya”.

sidoarjo2015Menurut Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah pawai budaya ini merupakan salah satu usaha pemerintah kabupaten Sidoarjo untuk mendorong masing-masih daerah untuk memperkenalkan budaya di masing-masing daerah nya. Beliau juga memberikan ungkapan “… Sidoarjo mengusung kejayaan Kerajaan Jenggala yang gemah ripah loh Jinawi”. Demikian sambutan dari Bupati Sidoarjo ketika membuka acara pawai ini.

 

Referensi

  • http://baltyra.com/2015/03/19/sidoarjo-exotic-carnival/
  • http://www.antaranews.com/foto/80092/sidoarjo-exotic-carnival-2015
  • http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/01/dari-tarian-banjar-kemuning-hingga-kejayaan-kerajaan-jenggolo

Posted in Info, Wisata Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*