Wisata Sejarah Candi Pari dan Candi Sumur

Situs Wisata Sejarah Candi Pari  dan Candi Sumur merupakan salah satu situs  sejarah peninggalan kerajaan majapahit yang terletak di tengah-tengah desa Candi Pari kecamatan Porong ( 15 Km arah selatan Sidoarjo ). Lokasi tersebut berada sekitar 2.5 km ke arah barat laut pusat semburan lumpur PT Lapindo Brantas saat ini.

Candi Pari yang dibuat oleh penguasa Mojopahit pada tahun 1293 Saka / 1372 masehi ini berbentuk kubus , tanpa ada pembagian yang stereotip antara batur, tubuh, dan mahkota .Satu – satunya cirri Majapahit  hanyalah bahannya yang terbuat dari batu merah. Panjang candi pari ini 16,86 m , lebar 14,10 m, dan tinggi 13,40 m sehincandi parigga terkesan pendek dan lebar. Sementara pola umum candi Majapahit selalu berbentuk vertikal. Candi pari ini terdiri atas batur persegi empat, bagian barat menjorok keluar dengan undakan tangga pada sisi kanan – kiri menuju pintu masuk. Diatas pintu tertulis angka tahun pembuatan dan bagian dalam candi berupa ruang.

Di dalam bilik candi juga terdapat beberapa batu andesit ,arca-arca dalam kondisi yang tak utuh serta beberapa balok kayu. Pada dinding candi yang berhadapan dengan pintu masuk candi, terdapat sandaran arca dengan ukuran 6 x 6 meter. Mengingat besarnya sandaran arca,pasti besar pula arca yang memempati bilik Candi Pari ini.Namun , entah arca apa yang berada di sana mengingat arca tersebut belum pernah ditemukan

Di banding dengan Candi Pari ,Candi Sumur memiliki bentuk yang lebih sederhana candi dari bahan batu merah itu tidak memiliki ornamen sama sekali.Candi Sumur hanya berjarak 100 meter dari Cabdi Pari, Candi Sumur berdenah bujur sangkar dengan ukuran 8 m x 8 m dan memiliki tinggi 10 meter. Candi Sumur menghadap ke barat dan menempati lahan seluas 315 m dan perada pada ketinggian 4,42 mdpl.
Seperti Candi Pari, Candi Sumur bisa dibilang agak utuh. Kaki, badan dan atap candi masih ada. Sayangnya, badan dan atap candi ini tinggal separuh. Agar tidak roboh, badan dan atap candi yang separuh ini disangga oleh tiang besi berlapis semen.

Candi Sumur

 Nah , Bila anda sedang melakukan perjalanan wisata dan kebetulan sedang melintas di jalan raya Malang-Sidoarjo , pasti akan menyesal jika tidak mampir untuk menikmati suasana pesona nan asri dari Candi Pari

Jika anda warga luar Kota Sidoarjo yang ingin berkunjung ke kawasan wisata sejarah Candi Pari & Candi Sumur , anda tidak perlu khawatir jika ingin bermalam beberapa hari di Kota Sidoarjo ini, karena dekat dengan berberapa hotel yang harganya sangat terjangkau, mulai dari :

Posted in Wisata Tagged with: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*